twitter



Mengidolakan seseorang itu wajar. Di dalam diri manusia pasti ada keinginan untuk menjadi seseorang dgn sifat, sikap, dan ciri tertentu. Untuk menjadi seseorang seperti yg diinginkan, manusia perlu contoh. Contoh yg biasanya dipakai, adalah IDOLA, entah itu atlet,artis/selebritis, ilmuwan, orang-orang penting, atau bahkan orang-orang terdekat.
Jangan dikira “memilih” idola itu mudah, hanya karena “dia/mereka” cantik, tampan, kaya raya, terkenal, lantas “dia/mereka” layak untuk di idolakan. Memang, tidak ada manusia yg sempurna, begitu pula dgn sang idola. Seorang idola pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagai fans, kita pasti tahu kenapa sih kita mengidolakan mereka.
Yang kali ini akan dibahas, adalah mengidolakan seorang ARTIS/SELEBRITIS. Pasti di pikiran kalian sudah muncul nama-nama artis favorit kalian, ex: SM*SH, CheryBelle, Dude Herlino, Shireen Sungkar, Agnes Monica, Afgan, Vidi, dll *maaf example terbatas, kalo saya sebutin semua artis Indonesia, gak akan selese2 tulisan ini, apalagi artis Korea, bisa stress saya ngeja nama mereka* Eniwei, kita mulai aja pembahasannya.
Jika saya bertanya, “Apakah anda menginginkan sosok idola yg sempurna?” tentu anda akan menjawab “Iya”. Seperti yg sudah saya bilang diawal, mana adasih manusia yg sempurna. Nah itu dia masalahnya. Bagaimana menjadikan idola itu sosok yg utuh, yg bisa dijadikan contoh untuk kita menjadi individu yg diinginkan.
1) Apa alasan anda mengidolakan “dia/mereka”? Hanya karena ia cantik/tampan, suara bagus, akting bagus, kaya raya? Kalau hanya itu, sepertinya anda perlu mencari jawaban yg lebih berkualitas.
2) Apakah ada dari sifat/sikap/ciri mereka yg layak anda ikuti? ex: Dude Herlino, ia seorang muslim yg religius, dan sangat patut untuk ditiru *maaf yaa saya cuma ambil contoh 1, bukan krn saya fansnya Dude, tapi saya ingetnya cuma itu*
3) Apa yg menjadi kelebihan dari idola anda? Adakah prestasinya?
4) Apakah anda ingin menjadi seperti idola anda?
Pertanyaan diatas hanya merupakan pemanasan dari pembahasan ini. Kenapa saya bertanya seperti itu? Itu karena saya hanya ingin meyakinkan, sudahkah anda mengidolakan seseorang yg bisa menjadi contoh yg baik bagi anda.
Mengidolakan siapapun itu hak anda, terserah anda, tidak ada yg berhak melarang. Tapi, apakah idola anda itu sudah membawa pengaruh yg positif? Atau jangan-jangan membawa efek negatif bagi anda? Jangan sampai hanya karena kalian mengidolakan mereka, kalian harus membuang-buang waktu utk terus uptodate setiap detik apa saja yg mereka lakukan. Dan kalian ingin sekali menjadi “wannabe” dari sang idola tanpa memikirkan apakakah kalian cocok berubah seutuhnya seperti idola kalian.
Mungkin saya akan share pendapat saya, bagaimana agar idola kalian bisa membawa pengaruh yg baik:
1) Untuk mencari sosok yg sempurna utk dijadikan contoh, kita tidak bisa hanya mengidolakan 1 orang saja, carilah sosok2 idola lain yg bisa melengkapi kekurangan idola kalian.
2) Setiap idola pasti memiliki kelebihan masing2, pelajari kelebihan mereka. Tapi jgn lupakan kekurangan mereka, karena itu jg bs mjd bahan introspeksi utk diri sendiri, siapa tau kalian memiliki kekurangan yg sama.
3) Alasan untuk mengidolakan seseorang itu bukan hanya karena fisik, tapi coba cari tahu, bagaimana perjuangan mereka bisa menjadi sukses seperti sekarang. Pelajari prosesnya.
4) Sebelum meniru sifat, sikap ataupun ciri dari idola kalian, fikirkan lagi, apakah sifat, sikap dan ciri itu sudah baik & sesuai dgn diri kalian?
5) Jgn pernah berkeinginan menjadi “wannabe” dari sang idola seutuhnya, karena kalian dan mereka itu berbeda. Ambil sisi positif dari idolamu yg kamu kagumi, dan sesuaikan dgn kemampuan dirimu sendiri.
Jadi kesimpulannya, penting atau tidaknya memiliki idola itu tergantung dari pribadi masing2. Ada yg memiliki idola untuk dicontoh ataupun hanya sekedar suka saja, dan itu juga terserah, kembali kepada masing2 individu.


0 komentar:

Posting Komentar