twitter



Belajar sebenarnya tidak boleh berhenti meski usia kita sudah lanjut proses belajar harus tetap berjalan. Mungkin yang berbeda hanya apa yang dipelajari saja. Misalnya pada seorang mahasiswa TI maka yang dipelajari lebih banyak pada hal-hal teknis tenga IT, TIK atau komputer dan berbagai aplikasinya. Seorang pakar IT selain belajar teknis dia juga sudah lebih belajar lanjut tentang manajemen dan strategi misalanya. 

Belajar sebenarnya tidak hanya “proses membaca”, namun menurut saya adalah bagaimana kita bisa memahami apa yang kita baca, apa yang kita lihat, apa yang kita rasa. Sehingga akan lebih mengena jika kita tahu proses kenapa bisa, kenapa kog ada bukan hanya menerima “hasilnya begini” tanpa tahu cara dan mekanismenya. Proses pemahaman memang tidak bisa langsung banyak, biasanya berlangsung sedikit demi sedikit (jika dilakukan secara kontinu). dari proses pemahaman ini, menurut saya “kita akan mendapat ilmu yang kita rasa adalah baru”. Meskipun bagi orang lain itu bukan, tapi itu tidak masalah karena tingkatan ilmu adalah bertahap.

Proses pemahaman saat ini tidak hanya bisa didapatkan dari membaca, namun dapat dengan melihat , mendengarkan,dgn jaringan internet  dan jejaring social biasanya akan lebih mudah membantu kta dalam mendapatkan pengetahuan yang lebih luas. makanya sekarang tidak jarang banyak sekali tutorial yang bersifat multimedia mulai dari untuk anak kecil (pra sekolah, anak sekolah, kuliah, umum, hingga lanjut usia).

Sebenarnya masih banyak banyak Tips lain yang bisa membantu kita untuk menjadi manusia yang lebih berkualitas dan lebih bermanfaat bagi yang lain. Satu lagi secara singkat, orang yang ingin bisa memahami harus mempunyai sifat “ingin tahu” dan “rasa penasaran” yang tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar